Senin, 04 November 2013

EFEKTIFITAS KELOMPOK :)

kelompok menjadi efektif dan Efektifitas kelompok terjadi apabila :
1. merupakan saluran untuk memenuhi kebutuhan aplikasi (penyesuaian diri) berkawan, dukungan, cinta  kasih.
maksudnya disini ialah anggota-anggota dari sebuah kelompok menjadikan kelompoknya tersebut sebagai tempat atau wadah  yang nyaman untuk dirinya, yang dapat menimbulkan rasa tentram dan bersahabat di dirinya, sehingga seseorang yang menjadi anggota di kelompok tersebut dapat membuka dirinya karena keadaan atau suasana di dalam kelompoknya yang  bersahabat dan akrab dengan dirinya yang membuat seseorang tersebut nyaman berada di dalam kelompok tersebut.
misalnya saja di dalam sebuah kelompok belajar keterampilan melukis, seorang anggota kelompok dari kelompok belajar melukis tersebut merasa senang berada di kelompok tersebut karena teman-teman dan pembimbingnya yang mengajar dengan rasa berkawan , dukungan  serta cinta kasih yang tinggi yang tidak menekan sehingga membuat anggota kelompok tersebut merasa nyaman dan memiliki tempat atau wadah untuk mencurahkan dan menerima rasa dukungan, sokongan serta cinta kasih kelompok yang tinggi.

2. merupakan suatu sarana pengembangan memperkaya serta menetapkan rasa harga diri dan identitasnya.
maksudnya disini ialah seseorang akan memperoleh sebuah penghargaan yang tinggi pada dirinya dari kelompoknya tersebut. sebab didalam kelompok ini lah seseorang memperoleh pelatihan guna untuk mengembangkan serta memperkaya potensi yang dimilikinya sehinnga identitasnya akan lebih mudah dikenal lewat kemampuannya tersebut sehingga hal itu akan menjai sebuah rasa penghargaan besar dalam dirinya lewat hal-hal yang telah dicapainya.
misalnya saja dalam sebuah kelompok belajar melukis tadi, disana setiap individu berusaha mengasah dan mengembangkan kemampuan melukis yang ia miliki, dan dari sana akan terlihat perbedaan kemampun yang dimiliki setip individu dalam kelompok tersebut, yang memiliki kemampuan lebih akan memiliki rasa penghargaan yang tinggi terhadap dirinya dan begitu pula dengan yang memiliki kemampuan yang belum mencapai targat halitu akan menjadi sebuah motivasi bear didalam dirinya guna untuk memperoleh rasa harga diriyang sama dan identitas yang baik.

3. merupakan sarana pencarian kepastian,dan mengatasi kenyataan kehidupan sosial.
kelompok juga sebagai wadah atau tempat untuk mencari kepastian dari keragu-raguan yang dirasakan anggotanya sebab didalam kelompok semua permasalahan yang dirasakan anggotanya akan diselesaikan di bahas dan dicarikan jalan keluarnya secara bersama, sehingga kenyataan-kenyataan hidup yang pahit dirasakannya dapat berubah menjadi manis lewat kelompok yang ada ini karea didalam kelompok ia dapat berbagi dan ia tidak merasa sendiri sehingga tidak perlu berkecil hati dalam menerima kanyataan hidup, krena dengan adanya kelompok ia dapat mempermudah masalah-masalah kehidupan sosial yang kita rasakan karena didalam kelompok adanya rasa terbuka, bersahabat, saling memiliki yang tinggi pula dan yag paling terpenting lagi ialah didalam kelompok juga terdapat rasa kepedulia yang tinggi dengan setiap anggota-anggota kelompok.
misalnya saja didalam kelompok kita membicarakan hal-hal yang dirasakan setiap anggotanya, sehingga hal-hal yang ragu akan dikuatkan oleh kelompok.dan kenyataan-kenyataan kehidupan yang kita rasakan akan menjadi sesuatu yang indah jika kita mampu menyelesaikannya dan mengubahnya menjadi sesuatu yang indah maka dari itu sanagat diperlukan sifat keterbukaan dan kepedulian antar anggota kelompok.

4. merupakan sarana memperkuat perasaan aman, tentram dan kekuasaan atas kemampuannya dalam menghadapi musuh dari ancaman yang sama secara bersama.
maksudnya disini ialah seseorang individu akan merasa bertambah kuat  dan akan memperoleh perasaan aman tentram damai yaitu ketika ia bersama kelompoknya. dan kelompoknya sebagai tempat memperoleh perlindungan dari berbagai ancaman musuh dari luar. karena dengan adanya rasa kepedulian antar anggota kelompo maka akan membuat perlindungan antar anggota kelompok terhadap anggota kelompo maupun antar kelompok dengan individu. .
misalnya saja dalam sebuah organisasi apabila satu anggota kelompok dari organisasi tersebut mendapat kecaman dari luar atau mushnya maka organisasi tersebut akan membela dan memberi perlindungan tehadap anggota kelompoknya tersebut hal ini karena didalam kelompok didasari adanya rasa kebersamaan yang tinggi dan rasa satu sama lain yang sama. sehingga apabila satu tersakiti maka anggota yang lain akan merasa tersakiti.

5. merupakan sarana dimana suatu tugas kerja dapat diselesaikan anggota yang menerima beban tanggung jawab seperti tugas pemberian informasi, membantu teman yang lemah dan sebagainya.
maksudnya disini ialah setiap anggota kelompok memiliki tugas dan peran masing-masing yang menjadi kewajiban dan harus dikerjakanya sebagai anggota kelompok tersebut, dalam mencapai tujuan dari kelompok tersebut. misalnya saja dalam sebauh oraganisasi seorang individu ditempatkan pada divisi-divisi tertentu dan mengemban tugas dan peran yang berbeda pula.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar